Saringan air yang tersumbat memang sangat merepotkan. Sebagai pemilik rumah, Anda harus mengenal lebih mendalam tentang saringan yang cukup vital ini. Baca juga cara praktis membuat saringan air sederhana untuk wastafel Anda

Berikut adalah ulasan penyebab saringan air menjadi tersumbat

Saringan Air Tersumbat Tersumbat

Kapan terakhir kali saringan air diubah? Tugas saringan air adalah menjebak partikel-partikel di dalam air agar tidak keluar dari keran. Sebagian besar produsen sistem penyaringan air merekomendasikan untuk mengganti layar saringan air pada interval reguler tertentu, seperti bulanan atau setiap 90 hari. Jika saringan air telah melakukan tugasnya terlalu lama, mungkin hanya tersumbat dengan gunk. Ini adalah perbaikan yang mudah: ganti saringan air. Jika saringan air dapat digunakan kembali, maka bersihkan dengan saksama, pasang kembali, dan itu harus baik untuk digunakan.

Setelah saringan air diganti, air mengalir melalui itu untuk memastikan sistem sekarang berfungsi sebagaimana mestinya. Jika tampaknya masih ada masalah, mungkin ada komponen di dalam pompa saringan yang sudah rusak atau hanya perlu dibersihkan. Jika Anda dapat dengan mudah memisahkan sistem, periksalah gunk build-up di dalam yang mungkin membatasi aliran air. Jika tidak ada korosi atau penyumbatan, pompa mungkin rusak. Kadang-kadang mereka hanya aus, dan bekerja keras melawan saringan air yang tersumbat terlalu lama akan membuatnya lebih cepat aus.

Kerusakan tangki

Sebagian besar saringan air air mengharuskan air untuk bergerak melewatinya pada klip yang baik agar sistem filtrasi berfungsi dengan baik. Tangki air mungkin telah mencapai akhir masa pakainya, atau mungkin terlalu terkorosi dan tidak bisa mengirim air ke saringan air pada tekanan yang cukup tinggi, dan mungkin perlu diganti. Mungkin juga ada masalah dengan tekanan yang diterima tangki. Periksa tekanan tangki dan pastikan sudah diatur dengan benar untuk tekanan air kota. Tekanan ini dapat bervariasi dari blok ke blok di lingkungan, dan dapat membuat perbedaan dalam fungsi unit Anda. Jika tekanan ke hunian rendah, ini mungkin masalah yang lebih besar dengan pipa yang tersumbat dari jalan, seperti penumpukan puing-puing atau akar pohon.

Jenis air

Terkadang air di daerah itu terlalu sulit untuk dikelola dan dioperasikan dengan benar. Ini bisa disebabkan oleh air keras atau lunak yang ekstrem, yang sering menyebabkan penumpukan endapan mineral dalam pipa dan saringan air dengan cukup cepat. Dalam hal ini, sistem pemurni air mungkin jawabannya. Pemurni air cenderung memiliki rentang hidup lebih lama daripada saringan air air. Beberapa pemurni bebas saringan air, dan yang lain masih memiliki sistem penyaringan di dalamnya, sehingga saringan air mungkin masih harus diubah secara teratur, tetapi unit itu sendiri mungkin lebih andal dalam jangka panjang.

Ketahui apa yang perlu disaring dari air Anda.

Jenis saringan air di bawah wastafel yang paling cocok untuk rumah Anda tergantung pada kontaminan atau partikel apa yang ada di dalam air dan perlu dihilangkan. Jika Anda khawatir tentang rasa klorin, maka saringan air karbon sederhana dapat menyelesaikan masalah Anda. Jika Anda ingin menghilangkan partikel terlarut, seperti natrium dari pelembut air, maka Anda mungkin perlu penyaringan yang lebih kompleks seperti reverse osmosis (RO). Jika Anda tidak yakin tentang kualitas air Anda, lakukan tes air rumah atau minta laporan dari pabrik pengolahan kota Anda.

Ketahui biaya penggantian saringan air

Saringan air di bawah wastafel lebih murah daripada penyaringan air rumah secara keseluruhan, tetapi perlu diingat bahwa memasang saringan air di bawah wastafel bukanlah sesuatu yang harus dilakukan. Penyaringan efektif dari tahun ke tahun tergantung pada Anda. Sangat penting untuk menjadwalkan dan menganggarkan biaya penggantian saringan air agar air minum Anda tetap aman.