Sebagai anak yang berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah, aku harus bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri. Sebab kalau tidak bisa diterima di perguruan tinggi negeri, satu-satunya pilihan untuk tetap kuliah adalah di Perguruan Tinggi Swasta. Padahal biaya kuliah di Perguruan Tinggi Swasta itu sangatlah mahal, dan orang tuaku pasti akan susah mencarikan biaya.

Agar terhindar dari Perguruan Tinggi Swasta, akupun selalu mempersiakan diri secara maksimal agar kelak bisa melewati apapun jenis ujian masuk perguruan tinggi negeri. Aku mulai mempersiapkan diri dengan rajin belajar agar prestasi meningkat, karena aku berharap bisa lulus di jalur SNMPTN. Tapi aku tetap pula mempersiapan diri dengan belajar banyak materi untuk masuk perguruan tinggi di jalur ujian seperti SBMPTN.

Semua persiapan yang aku lakukan juga semakin mudah sejak aku kelas dua SMA, sebab sejak saat itu aku mulai mengenal Ruangguru. Ruangguru sebagai sebuah aplikasi bimbingan belajar online ini telah membantuku melakukan persiapan masuk perguruan tinggi dengan maksimal.

Di aplikasi Ruangguru ini tersedia banyak produk yang berguna untuk membantu kita mendapatkan pelajaran tambahan yang berkualitas. Salah satu produk yang menjadi langganan ku saat itu adalah produk Ruangbelajar.

Di Ruangbelajar terdapat semua materi pelajaran untuk siswa SD sampai SMA, bahkan materi untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Dengan semua materi yang tersedia itulah selama itu aku belajar, memperluas pengetahuan ku akan materi dan memperdalam pemahaman atas materi-materi yang sulit aku pahami.

Materi pelajaran yang disediakan di Ruangbelajar dikemas juga dalam bentuk lebih menarik, yakni video. Jadi kita tidak perlu lagi belajar dengan cara membaca, cukup hanya menonton video. Di dalam video itu nanti akan ditampilkan seorang guru yang menjelaskan materi seperti tengah berada di Ruang kelas. Nah video nya juga dilengkapi dengan animasi, sehingga kita tidak cepat merasa bosan saat belajar.

Selain belajar melalui materi tersebut, aku saat itu juga memanfaatkan Ruangguru untuk mendownload berbagai contoh soal SBMPTN. Sebab di sana tersedia juga soal SBMPTN yang lengkap dari tahun ke tahun, bahkan ada prediksi soal terbarunya. Semua soal SBMPTN itu juga dilengkapi dengan pembahasan.

Untuk bisa menikmati bimbingan belajar di Ruangguru caranya juga gampang loh. Kita hanya perlu menginstal aplikasinya di HP melalui Play Store. Kemudian isi biodata diri lengkap dengan jenjang kelas kita. Setelah itu selesai kita akan langsung memiliki akun di Ruangguru, jadi cuma perlu untuk melanjutkan proses berlangganan saja. Agar setelah itu kita bisa mengikuti bimbingan belajar di Ruangguru dengan lebih mudah.

Sekarang ujian masuk perguruan tinggi sudah ada di depan mata. Jalur pertama yang akan dilewati tentunya jalur masuk SNMPTN. Dengan prestasi yang aku miliki selama ini aku merasa cukup yakin untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri. Jika nanti tidak bisa lolos SNMPTN pun aku sudah siap untuk menghadapi SBMPTN, karena selama ini belajar dengan Ruangguru benar-benar meningkatkan kepercayaan diriku. Ruangguru rasanya sudah membantu aku mempersiapkan diri dengan sangat maksimal, jadi aku yakin bisa menjadi bagian dari salah satu perguruan tinggi negeri.