Hiperhidrosis adalah sesuatu yang mengganggu hidup Anda. Baca Cara menanggulangi hiperhidrosis agar Anda bisa hidup nyaman dan tidak perlu merasa malu dengan penyakit ini.

Penyebab, Efek Gejala Hiperhidrosis

Hiperhidrosis menyebabkan tubuh berkeringat melebihi apa yang dibutuhkan untuk termoregulasi

Ini berarti bahwa tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat untuk mengatur suhu internalnya daripada yang dibutuhkan. Untungnya, keringat berlebih yang disebabkan oleh hiperhidrosis tidak berbahaya bagi kesehatan fisik Anda. Namun, menangani gejala hiperhidrosis dapat menggangu secara emosional. Dalam beberapa kasus, hiperhidrosis dapat menjadi tanda sesuatu yang lebih buruk.

Ketika Hiperhidrosis Mengindikasikan Masalah Kesehatan Serius

hiperhidrosis

Jika Anda tiba-tiba mengalami gejala hiperhidrosis di usia 25, keringat berlebih Anda terjadi terutama di malam hari, dan Anda akan berkeringat di seluruh tubuh.

Anda mungkin memiliki hiperhidrosis umum. Jenis hiperhidrosis ini dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya karena beberapa penyakit dan kondisi dapat menyebabkan hiperhidrosis sekunder.

Beberapa penyakit yang menyebabkan diaforesis (tiba-tiba, keringat berlebihan yang tidak dapat dijelaskan) juga dapat menyebabkan pucat dan gejala lainnya muncul pada saat yang bersamaan. Penyakit ini termasuk kanker tertentu, TBC, HIV, hipertiroidisme, dan beberapa lainnya.

Penyakit-penyakit ini tentu saja buruk bagi kesehatan Anda, jadi siapa pun yang tiba-tiba mulai mengalami keringat berlebihan di usia dewasa harus mengelola hiperhidrosis mereka dengan dokter.

Namun, hiperhidrosis generalisata sekunder umumnya disebabkan oleh obat atau efek samping obat dan dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang jinak, jadi jangan panik. Jika hiperhidrosis berkembang antara usia 14 dan 25 dan hanya mempengaruhi area spesifik tubuh Anda, Anda mungkin memiliki hiperhidrosis fokal primer.

Efek dari Hiperhidrosis Utama Yang merusak Kesehatan Anda

Kebanyakan orang dengan hiperhidrosis, 93% menurut satu tinjauan medis, memiliki hiperhidrosis fokal primer. Jenis ini biasanya dimulai selama masa remaja atau di awal masa dewasa. Itu adalah kondisi seumur hidup.

Orang-orang dengan tipe hiperhidrosis ini memiliki keringat berlebih pada bagian-bagian tertentu dari tubuh mereka yang paling sering termasuk tangan, kaki, ketiak, dan wajah. Hiperhidrosis fokal primer tidak buruk bagi kesehatan fisik Anda secara langsung, tetapi itu dapat merusak kesejahteraan emosional Anda.

Hiperhidrosis dan kecemasan sering terjadi bersama karena efek stigma sosial hiperhidrosis pada orang. Faktanya, orang dengan hiperhidrosis fokal primer menyebabkan masalah dalam hubungan interpersonal mereka, kegiatan santai, kebersihan pribadi, pekerjaan, dan harga diri.

Ketika seseorang berjuang secara emosional, atau merasa sangat tertekan, itu dapat memiliki efek mendalam pada tubuh mereka dan juga pikiran mereka. Berkeringat stres dapat membuat masalah ini lebih parah, karena menyebabkan siklus di mana seseorang stres, mereka berkeringat lebih banyak sebagai hasilnya, dan menjadi lebih stres.

Sebagian besar gangguan yang disebabkan oleh hiperhidrosis berhubungan dengan daerah tubuh yang terpengaruh

Misalnya, seseorang dengan hiperhidrosis palmar (tangan) mungkin merasa sangat malu ketika menjabat tangan orang lain. Masalah menjadi lebih nyata ketika seseorang dengan hiperhidrosis palmaris menjatuhkan sesuatu yang terbuat dari kaca atau mengalami kejutan listrik ketika menggunakan elektronik karena mereka berkeringat begitu deras.

Orang dengan hiperhidrosis aksila sering dibatasi pada jenis pakaian yang nyaman dipakai. Ketika seseorang menderita hiperhidrosis plantar, mereka bahkan mungkin mengalami infeksi kulit atau kaki atlet ketika mengenakan kaus kaki atau sepatu yang konstriksi untuk jangka waktu yang lama.

Ini semua adalah contoh cara hiperhidrosis membuat hidup sulit bagi seseorang dengan hiperhidrosis, dan perjuangan ini dapat sangat memengaruhi kualitas hidup. Dapat sangat menghancurkan sehingga beberapa pasien melakukan pembedahan untuk mengobati hiperhidrosis fokal primer yang disebut simpatektomi toraks endoskopi.

Syukurlah, banyak pasien dapat memperoleh kualitas hidup yang lebih baik setelah menerima perawatan. Tidak ada obat untuk hiperhidrosis, tetapi ada pengobatan yang efektif untuk tangan berkeringat, kaki berkeringat, dan perawatan untuk hiperhidrosis aksila. Antiperspirant biasanya merupakan pengobatan lini pertama untuk hiperhidrosis, tetapi beberapa orang memiliki kekhawatiran tentang apakah antiperspirant aman.

Tidak ada gunanya menjalani perawatan yang merugikan kesehatan Anda, tetapi untungnya, tidak ada penelitian yang menemukan bahwa antiperspiran berbahaya untuk digunakan.