by

Manfaat Gerakan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Salah satu ciri makhluk hidup yang ada dunia ini adalah bergerak. Gerakan atau gerak adalah perubahan posisi atau berpindah tempat sebagian atau seluruh bagian tubuh. Contoh manusia berjalan, burung terbang, dan lain-lain. Makhluk hidup akan bergerak bila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya. Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk memegang, berjalan, berlari, melompat, meloncat, menggali, memanjat, berenang, dan lain-lain. Alat-alat gerak pada manusia ada dua macam, yaitu: Alat gerak pasif berupa tulang; Alat gerak aktif berupa otot. Tulang dan otot bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Selain tulang dan otot, gerak juga dipengaruhi sendi. Kerja sama antara tulang, otot, dan sendi membentuk sistem gerak. [1] Dalam mendukung tubuh kita untuk tetap bugar dan sehat, kita harus wajib berolahraga secara rutin. Olahraga merupakan obat ampuh yang bisa kita dapatkan dengan mudah tanpa biaya mahal, namun seringkali terabaikan sehingga menimbulkan beragam keluhan kesehatan. Selain membantu kita dalam aspek kesehatan, Olahraga juga membantu kita untuk memperkuat massa otot kita, dan membantu menekan resiko osteoporosis di hari tua nanti. Dengan kata lain kita membantu memperkuat alat gerak kita untuk tetap terjaga. [2] Tetapi perlu diingat ketika kita berolahraga ada baiknya kita harus mempersiapkan tubuh kita untuk melakukan aktivitas tersebut. Gerakan Pemanasan sangat dianjurkan sebelum kita berolahraga.

Suatu sesi olahraga atau latihan terdiri dari 3 fase, yaitu: pemanasan (warming up), latihan inti, dan pendinginan (cooling down). Tidak sedikit yang melewatkan ataupun hanya melakukan sekedarnya fase pemanasan. Apa itu pemanasan dalam olahraga? Pemanasan adalah sesi yang berlangsung sebelum melakukan aktivitas fisik; biasanya pemanasan akan terdiri dari latihan kardiovaskular ringan yang dipadukan dengan peregangan. Kebanyakan sesi pemanasan berlangsung antara 20 menit hingga setengah jam. [3] Manfaat yang.didapatkan ketika melakukan pemanasan ada banyak, berikut penjabarannya:

  • Mengurangi Resiko Cedera Ketika Berolahraga

Manfaat pemanasan yang sudah lazim diketahui adalah bisa mencegah cedera. Pemanasan menjadi hal yang sangat fundamental untuk mencegah cedera terjadi saat berolahraga. Gerakan tiba-tiba seperti tendangan tinggi atau mendarat yang salah akan lebih tahan banting terhadap otot kram, terkilir, maupun sobek. Berbagai cedera yang terjadi saat olahraga tersebut tentunya akan membuat kita kesakitan dan bahkan ada yang membutuhkan waktu lama untuk disembuhkan. Ini bisa terjadi karena mendorong tubuh yang masih ‘dingin’ untuk menjadi panas dengan terlalu cepat. Kalau kita langsung berolahraga tanpa pemanasan atau bahkan sebelumnya tidak bergerak sama sekali, area yang masih tegang adalah yang paling rentan terhadap cedera.

  • Membantu Melancarkan Pernafasan dan Sirkulasi Darah

Gerakan-gerakan pada pemanasan tidak terlepas dari pengaturan pola pernapasan. Orang yang tidak terbiasa melakukan olahraga akan mengalami sesak napas saat tenaganya langsung dipakai secara besar-besaran karena belum pemanasan. Jadi salah satu manfaat pemanasan sebelum olahraga adalah agar sirkulasi udara menjadi lebih stabil saat berolahraga. Pemanasan sebelum olahraga akan melenturkan otot-otot kita agar jadi lebih fleksibel sementara juga meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai otot yang kita akan gunakan. Alhasil, peningkatan aliran darah juga membawa lebih banyak persediaan oksigen ke seluruh penjuru tubuh yang akan meningkatkan energi otot serta memperluas refleks dan jangkauan geraknya. [4]

  • Membantu Menstabilkan Kinerja Jantung dan Tulang serta Sendi

Tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga juga dapat berefek pada jantung. Jantung akan terasa berdegup kencang bila kita tidak melakukan pemanasan. Oleh karena itu, lakukanlah pemanasan untuk menstabilkan detak jantung agar berolahraga lebih optimal. Dengan pemanasan kita akan membantu lebih banyak cairan bisa melumasi persendian sehingga membuat sendi-sendi lebih licin dan fleksibel agar mencegah korosi dan terkunci. Untuk tipe olahraga yang mengharuskan kita menempatkan banyak tekanan pada lutut, seperti lari, pemanasan wajib hukumnya Dengan meregangkan tulang belakang dan memanjangkan piringan-piringan tulang belakang kita juga dapat mencegah cedera serius terhadap punggung kita.

  • Mempersiapkan Mental dan Memotivasi Diri Sebelum Berolahraga

Pemanasan membantu untuk memperlancar aliran darah tak hanya ke otot dan persendian, namun mengalir juga mengalir ke otak kita, sehingga meningkatkan fokus dan kewaspadaan serta mengurangi stres. Pemanasan juga merupakan kesempatan yang baik bagi seorang individu demi mempersiapkan mental agar selalu memberikan seluruh 100 persen kemampuannya saat menghadapi kegiatan olahraga yang berat. Sehingga memotivasi diri untuk tetap rutin dan giat dalam kegiatan olahraga yang menguras tenaga. [3]

Pada intinya melakukan gerakan pemanasan sebelum berolahraga sangat penting, seperti penjabaran diatas. Namun, setiap kita melakukan aktivitas-aktivitas fisik ada hal yang sangat penting untuk tetap kita jaga, yaitu asupan cairan pada tubuh. Karena tanpa adanya cairan yang mencukupi, segala kegiatan kita akan terganggu. Mulai dari hilangnya tenaga, bahkan sampai dehidrasi. Untuk mencegah hal tersebut, kita harus juga rutin minum air putih. Tetapi dalam memilih asupan air minum, kita juga harus memilah mana yang baik dan berkualitas bagi tubuh kita, guna menunjang aktivitas olahraga kita.

Air minum berkualitas seperti AQUA yang selama 45 tahun mampu memproduksi air mineral berkualitas yang berasal dari proses alami. Untuk menjaga kualitasnya, AQUA langsung mengambil air dari sumber air pegunungan terpilih dengan melewati 400 uji kelayakan sebelum sampai ke konsumen. Air mineral berkualitas tersedia untuk melindungi tubuh kita agar senantiasa sehat. Sumber air yang terlindungi akan melindungi kesehatan tubuh kita, sehingga dengan asupan mineral berkualitas untuk kesehatan tubuh dapat dengan mudah kita dapatkan melalui AQUA. [5]

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Hal ini selaras dengan komunikasi baru AQUA, “Terlindungi Untuk Melindungi”.

  1. https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/17/190000269/tanpa-organ-gerak-manusia-dan-hewan-tidak-dapat-bergerak-mengapa-?page=all#:~:text=Alat%20gerak%20aktif%20manusia%20adalah,otot%20akan%20membuat%20tulang%20bergerak.
  2. https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-olahraga#:~:text=Olahraga%20rutin%20setiap%20hari%20dapat,(LDL)%2C%20serta%20meningkatkan%20kemampuan
  3. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/manfaat-pemanasan-sebelum-olahraga/#gref
  4. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-pemanasan-untuk-sesi-olahraga-yang-lebih-maksimal
  5. https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-putih-yang-bermanfaat-bagi-tubuh-anda/

News Feed