by

Jenis Tes Covid-19 yang Bisa Anda Coba Melalui SehatQ

Sejak masuknya virus covid19, ruang gerak jadi terbatas baik dalam sektor ekonomi, pendidikan dan lainnya, dimana masyarakat dihimbau untuk tetap berada dirumah saja jika tidak berkepentingan atau menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat juga diharapkan melakukan tes covid 19 untuk mengetahui apakah penyakit ini ini masuk ke dalam tubuh Anda atau tidak dan agar mendapatkan pencegahan sejak dini. Anda diharapkan dapat menjaga kesehatan dan menjaga jarak dengan orang agar tidak menyebarkan atau terkena virus covid 19.

Apalagi saat ini diketahui virus covid-19 belum juga mereda, hal ini menimbulkan kekhawatiran banyak orang. Jika anda ingin berpergian atau merasakan gejala penyakit Anda bisa langsung tes covid untuk mengetahui kondisi tubuh. Jika Anda terkena kofit, pastikan untuk isolasi mandiri agar virus tidak menyebar ke orang lain.

Jenis Tes Covid 19 di Indonesia

Kasus covid-19 di Indonesia terbilang cukup tinggi, hal ini menjadi PR tersendiri bagi pemerintah atau masyarakatnya agar lebih berhati-hati dan lebih aware dengan virus covid 19. Setidaknya terdapat 227 juta orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang harus dilindungi dan berhati-hati dengan covid-19. Sejauh ini setidaknya terdapat tiga jenis teks coffee pemerintah Indonesia yaitu polymerase chain reaction (PCR), tes cepat molekuler (TCM), serta rapid test. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasannya:

1. Tes Cepat Molekuler (TCM)

Mungkin ini cukup jarang dilakukan banyak orang, namun Tes Cepat Molekuler atau TCM dapat mengidentifikasi virus covid 19. Sebelumnya tes Ini digunakan untuk mendiagnosa penyakit tuberkulosis, namun juga bisa untuk memeriksa covid-19 dengan cara menggunakan dahak amplifikasi asam nukleat cartridge.

Tes ini dapat mengidentifikasi virus SARS-CoV-2 melalui RNA dengan cartridge khusus. Hasil tes covid ini tidak membutuhkan waktu lama dan hasilnya terbilang tepat. Anda dapat melakukan pemeriksaan Tes Cepat Molekuler di Puskesmas atau rumah sakit yang ditunjuk

2. Polymerase Chain Reaction (PCR)

Tes covid Polymerase Chain Reaction atau PCR menggunakan sampel lendir dari tenggorokan atau hidung, dan juga bisa melalui sampel tinja. Virus yang aktif mempunyai material genetika berupa RNA atau DNA. Adapun material genetik covid 19 yaitu RNA. Material ini dapat diamplifikasi dan deteksi dengan RT-PCR

3. Rapid Test

Rapid test menjadi salah satu jenis tes covid yang cukup sering dilakukan banyak orang, di mana tes Ini menggunakan sampel darah. Darah tersebut untuk mendeteksi imunoglobulin yaitu antibodi ketika tubuh mengalami infeksi.

Tes covid dengan rapid test juga cukup cepat, yakni hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit saja untuk melihat hasilnya. Meski begitu, tes ini juga mempunyai kelemahan karena dapat menghasilkan false negatif atau kondisi dimana hasil tesnya terlihat negatif, padahal faktanya positif. Biasanya hal ini terjadi ketika tes dilakukan kurang dari 7 hari setelah terkena virus atau terinfeksi.

Itulah tiga jenis tes covid 19 yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah Anda terkena covid-19 atau tidak. Pada dasarnya pemerintah Indonesia sendiri memberikan tes covid untuk masyarakat Indonesia, namun tentu ada prioritasnya tersendiri. Jika Anda merasakan gejala penyakit seperti pilek batuk atau radang tenggorokan Anda bisa langsung memeriksakan diri ke dokter, dan pastikan Jika sakit Anda bukanlah covid-19.

Namun jika anda ingin memastikan tubuh Anda baik-baik saja dari virus covid, Anda bisa melakukan tes covid secara mandiri, salah satunya dengan layanan dari SehatQ.

SehatQ.com adalah situs atau platform yang menyediakan informasi seputar kesehatan dari sumber atau referensi terpercaya. Selain itu ada pula fitur-fitur bermanfaat SehatQ, mulai dari toko kesehatan, cari dokter, cari fasilitas atau layanan kesehatan, direktori artikel, direktori penyakit dan pengobatan dan lain sebagainya.

News Feed