by

Inilah 4 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Oleh Lansia untuk Tingkatkan Sistem Imuns Agar Terhindar dari Bahaya Virus Corona

Setiap orang pada dasarnya memang memiliki resiko yang sama untuk bisa terinfeksi oleh virus Corona. Hanya saja dengan kondisi yang berbeda. Karena ada orang yang sistem imunsnya baik sehingga tidak merasakan gejala apapun. Orang-orang dengan kondisi semacam ini biasanya akan lebih cepat mengalami pemulihan karena tubuh secara alami akan membentuk antibodi sendiri. berbeda kondisi dengan beberapa orang yang sebenarnya memiliki kekebalan tubuh lemah, mereka lebih rentan terinfeksi bahkan menunjukkan kondisi yang lebih parah sampai dengan komplikasi.

Resiko komplikasi yang disebabkan oleh virus ini nyatanya juga bukan hal yang patut disepelekan, karena dapat memicu radang paru-paru, pneumonia sampai dengan gagal napas. Bahkan untuk orang-orang yang sebelumnya sudah memiliki riwayat akan penyakit tertentu seperti jantung atau diabetes misalnya, maka akan jadi semakin parah. Bahkan tidak jarang juga diantaranya yang bisa menyebabkan kematian, tentu sangat menakutkan bukan.

Kalangan dengan sistem imuns yang lemah tersebut diantaranya adalah orang-orang yang sudah memiliki riwayat penyakit bawaan sebelumnya, hingga kalangan orang lanjut usia atau lansia. Lansia memang menjadi golongan yang paling mudah untuk terserang Covid 19 ini. namun tidak perlu khawatir karena nyatanya tetap ada cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka guna melawan infeksi virus Corona ini. Diantaranya adalah dengan olahraga secara rutin, berikut ini diantaranya beberapa pilihan olahraga yang tepat untuk para lansia, yaitu:

  1. Yoga, olahraga yang satu ini memiliki banyak sekali jenis-jenis gerakannya, mulai dari yang aktif dan juga biasa. Untuk para lansia pilihan olahraga ini sangat tepat karena bisa dilakukan dari dalam rumah saja. Nantinya Anda bisa mencoba beberapa teknik untuk mengatur pernapasan dan sebagainya. Tanpa menggunakan instruktur bahkan bisa dilakukan sendiri dengan adanya video tutorial. Cukup efektif dalam meningkatkan sistem imuns, kemudian juga cegah depresi dan mengobati stress. Karena yoga memang berguna untuk menenangkan pikiran.
  2. Jogging, pilihan olahraga ringan lainnya yang juga cocok untuk lansia adalah jogging, karena bisa membantu untuk meningkatkan stamina tubuh. Olahraga yang satu ini juga dapat meningkatkan asupan oksigen, fungsi jantung , meningkatkan sensitivitas terhadap insulin hingga mencegah terjadinya obesitas. Apalagi memang bagi lansia. Tak perlu terlalu lama, cukup dilakukan sekitar 30 menit saja setiap hari.
  3. Jalan kaki, jika memang sudah tidak memungkinkan untuk berlari atau jogging, maka bisa menggantinya dengan olahraga lain yang lebih santai. Yaitu berjalan kaki, jenis olahraga paling santai yang mudah dilakukan oleh siapa saja. Apalagi ia juga sangatlah bagus di dalam menjaga kesehatan jantung. Bahkan bagi lansia sebenarnya olahraga yang satu ini juga dapat mencegah Anda terkena pikun.
  4. Senam, olahraga semacam senam ini juga bagus dilakukan oleh kalangan lanjut usia. Banyak pilihannya, tak harus yang terlalu energic seperti senam aerobik. Melainkan cukup dengan senam lansia saja yang memang gerakannya lebih santai sehingga mudah diikuti. Manfaatnya terbilang sangat banyak selain sekedar tingkatkan kekebalan tubuh, sebenarnya senam ini juga dapat mencegah dari serangan berbagai penyakit kronis.

Terapkan sendiri di rumah ditunjang dengan konsumsi menu makanan yang kaya akan nutrisi, sehingga sistem imuns semakin kuat. Temukan berbagai macam artikel menarik lainnya tentang kesehatan, termasuk juga informasi terupdate penyebaran virus Corona di Indonesia hanya melalui situs Halodoc.

News Feed