Begini Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar

Kesehatan94 views

Haid tidak lancar disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya ketidakseimbangan hormon. Ini cara mengatasi haid tidak lancar. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami haid yang tidak teratur.

Beberapa penyebab haid tidak teratur yang umum adalah konsumsi obat-obatan tertentu yang memengaruhi menstruasi, ketidakseimbangan hormon, dan kondisi medis seperti endometriosis. Jika ketidakteraturan menstruasi terus berulang, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Di samping itu, ada juga beberapa cara alami yang aman dilakukan untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Cara mengatasi haid tidak teratur Dilansir dari Healthline, berikut adalah 4 cara mengatasi haid tidak teratur secara alami:

1. Latihan yoga

Yoga telah terbukti dapat menjadi cara untuk mengatasi masalah menstruasi. Sebuah studi di tahun 2013 dengan 126 peserta menemukan, latihan yoga selama 35 hingga 40 menit setiap lima hari seminggu selama enam bulan dapat menurunkan kadar hormon yang berkaitan dengan haid yang tidak teratur. Selain itu, yoga juga terbukti dapat mengurangi nyeri haid dan gejala emosional yang terkait dengan menstruasi.

2. Mengontrol berat badan

Perubahan berat badan yang signifikan dapat memengaruhi siklus menstruasi. Misal, penurunan berat badan yang ekstrem dapat menyebabkan haid tidak teratur. Jika ingin menurunkan atau menaikkan berat badan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu agar metode yang dilakukan tidak menimbulkan masalah kesehatan.

3. Olahraga secara teratur

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu mengatasi masalah menstruasi. Menurut Sains Sebuah uji klinis di tahun 2021 menunjukkan, olahraga dapat secara efektif mengobati nyeri haid dengan mengurangi intensitas dan durasi nyeri. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memahami efek olahraga pada siklus haid yang tidak teratur.

4. Konsumsi kayu manis

Menambahkan rempah kayu manis ke dalam makanan atau minuman tampaknya dapat membantu mengatasi berbagai masalah menstruasi. Penelitian di tahun 2014 menemukan, kayu manis dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan merupakan opsi pengobatan untuk wanita dengan PCOS.

Kapan harus ke dokter?

Cara-cara alami dapat memberikan manfaat untuk mengatasi haid tidak teratur, namun tetap harus menemui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan medis. Terlebih lagi, pemeriksaan dengan dokter harus segera dilakukan jika mengalami beberapa gejala