Hidup Nyaman Tanpa Gigi Berlubang

Bahan alami dan cara tradisional kini kembali menjadi primadona untuk dijadikan sebagai obat sakit gigi berlubang. Betapa tidak, sakit gigi adalah kondisi yang cukup menyiksa dan mengganggu keseharian kita.

Mulanya, gejala sakit gigi ditandai dengan rasa ngilu di bagian gigi atau gusi, dan masih terasa sakit yang dapat ditahan. Namun setelah cukup lama dan Anda tidak melakukan pengobatan, maka gusi akan membengkak dan rasa sakitnya akan terus meningkat. Berkonsultasi dengan dokter gigi Anda adalah pilihan terbaik jika sudah mengalami pembengkakan sebelum sakit semakin serius.

Disamping rasa ngilu dan sakit di gigi, Anda juga akan merasakan sakit kepala yang mencengkeram dan kesulitan tidur karena sakit di gigi dan gusi. Dan beberapa penelitian menyebutkan, bahwa sakit gigi adalah awal mula dari gejala penyakit yang lebih serius seperti sakit jantung bahkan stroke.

Obat sakit gigi berlubang sangat beragam dan salah satunya mungkin cocok untuk kondisi gigi Anda. Berikut adalah beberapa cara tradisional untuk mengatasinya:

Obat sakit gigi berlubang alami untuk fase penyembuhan

PENTING! Untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter gigi sebelum Anda mencoba salah satu dari resep berikut. Dan jika memang Anda ingin langsung eksekusi, cukup pilih salah satu saja. Jangan mencoba lebih dari satu resep, dikhawatirkan akan terjadi over action yang berakibat fatal. Contohnya jika penanganannya salah, akan terjadi pembengakakan yang lebih besar.

  1. Merica dan garam

obat sakit gigi berlubang

Kedua bahan ini dapat Anda gunakan jika gigi Anda sudah sangat sensitif dari penggunaan analgesic, anti bakteri, dan anti inflammatory. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Raciklah campuran yang imbang, antara merica dan garam halus. Direkomendasikan untuk menggunakan merica bubuk sachet kecil, lihat berat isinya, masukan kedalam mangkuk, dan masukkan juga garam halus dengan ukuran berat yang sama
  • Berilah beberapa tetes air, agar racikan merica dan garam berbentuk pasta setelah diaduk.
  • Lantas, tinggal tempelkan langsung pada gigi dan gusi yang sakit. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Anda dapat melakukan ini secara rutin setiap hari jika memang ada perubahan yang signifikan.
  1. Bawang putih, cengkeh, dan garam

obat sakit gigi berlubang obat sakit gigi berlubang

Banyak blog kesehatan yang mengulas cara ini, jadi cukup direkomendasikan untuk Anda coba. Dan racikan yang satu ini merupapakan obat tradisional herbal. Berikut cara meraciknya:

  • Siapkan tempat untuk menumbuk atau menghaluskan kupasan bawang putih, satu siung cengkeh, dan satu sendok makan garam dapur. Haluskan hingga berbentuk pasta padat.
  • Tempelkan pasta herbal tersebut pada bagian yang sakit, pastikan posisinya pas agar obat dapat bekerja dengan akurat. Lakukan 3 – 4 kali dalam sehari.
  • Saran tambahan adalah dengan dengan memasukan pasta kedalam kain agar mengurangi sensasi rasanya, karena akan cukup menyengat untuk Anda yang tidak kuat. Namun saran ini akan mengurangi esensi dan khasiatnya.
  1. Minyak tempurung kelapa

obat sakit gigi berlubang

Gunakan tempurung kelapa yang sudah tua, belah dan bakar tanpa menggunakan minyak atau plastik pada proses pembakarannya, agar tidak terkontaminasi dengan senyawa kimia negatif.

Saat tempurung kelapa sudah nampak berminyak dan menyala sempurna, matikan api dengan cara ditiup atau dikipas, dan jangan menggunakan air. Selagi masih panas, minyak kelapa dapat Anda ambil dengan menggunakan kapas.

Selanjutnya tinggal menggigit kapas yang telah berminyak kelapa tersebut pada gigi yang sakit. Usahakan posisinya sangat tepat. Hasilnya akan terasa dalam beberapa menit saja.

Jika anda hanya mendapat sedikit minyak, maka tentunya harus menambah tempurung kelapa dengan cukup banyak. Lakukan 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.