by

Inilah Manfaat Dari Mendaki Gunung yang Harus Diketahui

Sekarang ini mendaki gunung banyak sekali diminati oleh masyarakat Indonesia, dan mempunyai banyak sekali manfaat dari aktivitas mendaki gunung. Anda sih sudah tahu betul ya ? apabila mendaki gunung itu sesuatu yang menyehatkan, hal ini lantaran proses pendakian gunung membutuhkan tenaga ekstra. Kalian juga bisa lihat tentang alat-alat super adventure terlengkap 2020.

Manfaat Mendaki Gunung

Pendakian gunung akan membuat keringat bercuran deras. Sebab medan pendakian menanjak dan menguras tenaga. Tapi tahukah anda? Jika untuk mendaki gunung itu mempunyai manfaat yang lain, tidak hanya sekedar menyehatkan tubuh saja ? Berikut kami uraikan manfaat mendaki gunung.

Melatih Kecakapan Dalam Membaca Navigasi

Anda bakalan mendapatkan kecakapan membaca navigasi yang handal, jika rutin melakukan pendakian gunung. Tahu kan ya ? Di lereng gunung tidak terdapat petunjuk memadai. Baik mana arah menuju barat, arah menuju timur, arah menuju selatan, sampai dibuat bingung sendiri, anda mau tak mau harus mencari tau sendiri arah mana anda sedang berjalan.

Maka dibutuhkanlah kompas. Alat kecil yang serbaguna ini sangat berperan sekali, untuk kesuksesan pendakian di gunung-gunung dengan track sulit. Dengan mendaki gunung anda dituntut untuk mahir dalam membaca kompas. Semakin mahir anda dalam membaca kompas, maka anda akan semakin mahir pula dalam mengenali berbagai sistem navigasi.

Kemampuan Bertahan di Alam Terbuka Akan Semakin Baik

Kemampuan bertahan anda, di lingkungan terbuka akan semakin baik, jika anda rutin mendaki gunung. Sebab saat mendaki gunung anda dituntut untuk bisa mendapatkan berbagai makanan alami, yang tumbuh liar di hutan.

Makanan-makanan itu dalam bentuk buah. Dan ada juga makanan yang dalam bentuk daging, contohnya seperti rusa. Agar bisa mengetahui berbagai sumber pangan di hutan dengan baik. Anda juga harus perlu belajar sekali tentang buku panduan botani.

Dan juga harus belajar tentang buku di daerah hutan seperti tumbuhan beracun. Sekilas buahnya tampak lezat jika dimakan. Dan akan tetapi bisa saja buah yang secara tampilan tersebut menarik ternyata mengandung racun.

Semakin Paham Dengan Home Building

Pada saat anda aktif dalam kegiatan pendakian. Otomatis anda harus mendirikan tenda sebagai sistem perlindungan diri dari kemungkinan – kemungkinan serangan binatang buas. Di Gunung Slamet contohnya, mendaki di gunung tertinggi di Jawa Tengah ini berpotensi dapat bertemu dengan Macan Tutul jawa.

Bertemunya Macan Tutul jawa dan manusia tentu saja sangat membahayakan. Besar kemungkinan manusia tersebut kemudian dimangsa oleh Macan Tutul Jawa. Oleh karenanya, kemampuan membangun pemukiman sangat diperlukan betul, dalam kegiatan pendakian.

Membangun tenda perkemahan yang aman dari serangan binatang buas bisa dilakukan dengan cara melakukan tipologi jelajah binatang buas tersebut. Ada juga karakter-karakter tertentu, suatu daerah dihuni oleh binatang buas atau tidak.

Pilihlah kira-kira lokasi perkemahan dengan vegetasi yang tidak terlalu lebat. pastinya, daerah dengan vegetasi yang tidak begitu lebat semacam itu menjadi daerah yang rawan terhadap kemungkinan bertemunya dengan binatang buas.

Sementara untuk pembangunan tendanya. Nah di sini Tenda yang memiliki keamanan tentu saja menggunakan tenda dome yang berstandar internasional. Tenda dome harus benar-benar rapat. Dan tidak tembuh panas dan tidak bocor juga pada saat hujan.

Orang yang sering mendaki gunung. Otomatis akan mendapatkan manfaat berupa kemampuan dalam home building yang bagus. Para pendaki biasanya akan tahu, bagaimana cara membuat suatu pemukiman sementara yang tidak hanya saja nyaman, tetapi juga aman.

News Feed